Seperti yang kita semua tahu, kopi ini adalah salah satu minuman favorit sebagian orang di Indonesia. Bahkan sebagian orang sudah punya jadwal sendiri kapan mereka harus ngopi. Trus sekarang pertanyaannya, kalau bulan Ramadhan gini, minum kopi saat puasa itu gimana? Kalo minum kopi saat sahur, aman nggak sih? Atau mending pas buka puasa aja? Nah, pertanyaan-pertanyaan itu nanti Bang Kane bakal jawab ya!

Di bulan puasa ini bukannya kita nggak boleh ngopi. Kita tetep boleh ngopi asal sesuai anjuran. Banyak pecinta kopi yang kadang takut minum kopi pada bulan puasa ini karena bisa mengganggu kesehatan. Padahal, minum kopi di bulan puasa tuh nggak mengganggu kesehatan, asal tahu caranya dan kapan waktu yang tepat untuk minum kopi!

Bolehkah minum kopi saat puasa?

Sebenarnya, nggak ada larangan buat orang dewasa buat nggak minum kopi salama bulan puasa, asal minumnya nggak sembarangan sesuka hati. Kopi mengandung kafein yang mengandung zat bersifat stimulan untuk mempengaruhi sistem kerja syaraf pusat. Fungsinya adalah untuk melawan rasa kantuk dan meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

Orang yang biasanya minum kopi, trus berhenti tiba-tiba, bisa jadi badannya lemas dan kayak nggak bertenaga. Hahaha.. Selain itu, bagi sebagian orang, kafein bisa cepat menaikkan asam lambung (maag) saat puasa. Pasti kalian nggak pengen kan sakit maag gara-gara minum kopi kebanyakan selama bulan puasa ini? Hahaha.. Nah, berikut beberapa tips gimana dan kapan saat yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa.

1. Minum kopi saat sahur

minum kopi saat puasa

Ilustrasi sahur
Sumber: www.unsplash.com

Minum kopi saat sahur boleh loh, tapi satu cangkir aja, jangan banyak-banyak. Lalu, usahakan minum kopinya beberapa saat setelah makan sahur ya. Jangan minum kopi saat lambung masih kosong. Trus jangan lupa konsumsi air putih banyak biar tubuh nggak kekurangan cairan, jadi kamu nggak dehidrasi saat puasa. Nah, minum kopi saat sahur penting karena kopi bisa sebagai penambah energi untuk melanjutkan ibadah, dan juga jadi nggak ngantuk kalo abis itu kamu mau melakukan aktivitas selanjutnya.

2. Minum kopi saat buka puasa

minum kopi buka puasa

Ilustrasi buka puasa
Sumber: www.unsplash.com

Nah, ini penting nih. Jangan minum kopi langsung setelah adzan maghrib tiba. Minum kopilah 2 jam setelah buka puasa. Saat buka puasa, mending konsumsi makanan atau minuman yang manis, trus minum yang banyak, abis itu baru makan. Nah, abis itu baru deh minum kopi sebelum tarawih atau shalat Isya. Ini fungsinya biat kamu fokus waktu shalat Isya, dan nggak ketiduran pas shalat tarawih. Hahahaa.. Jadi kamu bisa melakukan ibadah dengan khusyuk tanpa mengantuk.

3. Jangan minum kopi sachet

Ini juga penting untuk kalian tahu gimana caranya minum kopi saat puasa. Hindari konsumsi kopi sachet karena itu kandungannya bukan kopi 100% asli, dan bisa menganggu kesehatan kalau dikonsumsi secara terus-menerus selama bulan puasa. Mending minum kopi asli, tapi kopinya yang fresh ya. Jadi nggak terlalu lama disimpan.

4. Minum air putih yang banyak, kurangi asupan kafein

Kalau biasanya kalian minum 3 gelas kopi per hari, sekarang coba kurangin jadi 1-2 gelas aja per hari. Kopinya kopi yang ringan aja, misalnya kopi susu gitu, jadi nggak terlalu strong kopinya. Buat kalian yang nggak bisa ke mana-mana selama PSBB, kalian juga bisa order kopi susu literan loh buat ramean, lihat daftarnya di sini.

Sekarang ini bahkan sudah banyak tersedia kopi decaf (kopi tanpa kafein), yaitu kopi yang sekitar 95% kafeinnya telah dihilangkan. Nah, selama bulan puasa ini, kamu bisa ganti kopi yang biasa kamu minum dengan kopi decaf, jadi aman buat lambung. Selain mengurangi asupan kafein, imbangi juga dengan minum air putih. Jadi tubuh pun seimbang, puasa kamu pun bisa berjalan dengan maksimal.

Nah, itu beberapa tips dari Bang Kane buat kalian yang tetep pengen minum kopi saat puasa. Semoga tips-tips di atas berguna buat kalian yang masih bingung dan ragu gimana mengonsumsi kopi selama bulan Ramadhan. Kami segenap tim dari Kopikaneku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

resep minuman kopi
kopi susu kekinian
kopi literan
WhatsApp chat