Kalau Teman Kane lagi cari peralatan warung kopi sederhana buat bisnis kedai kopi kekinian, artikel Bang Kane ini bisa jadi referensi yang tepat buat kalian. Waktu itu Bang Kane juga udah sempet nulis tentang apa aja yang harus dipersiapkan kalau mau buka bisnis coffee shop. Udah baca belum di sini? Nah, artikel yang ini lebih membahas lebih detail tentang alat-alat kopi apa aja yang dibutuhkan. Tapi alat-alatnya versi yang sederhana dulu ya, biar murah. Hahaha yuk simak apa aja alatnya.

1. Mesin Pengolah Kopi (Coffee Grinder)

Coffee Grinder merupakan peralatan warung kopi sederhana yang penting yang harus kalian punya. Alat ini merupakan alat yang penting untuk mengolah biji kopi agar menjadi minuman yang berkualitas. Mesin penggiling kopi atau yang lebih dikenal dengan coffee grinder adalah alat yang paling utama yang harus dimiliki jika ingin membuka usaha coffee shop. Kesempurnaan cita rasa kopi biasanya lahir dari proses penggilingan biji kopi yang tepat dan sempurna. Biji kopi akan lebih baik jika digiling saat Teman Kane ingin menyeduh kopi, dengan cara ini dapat menjadi kesegaran dan juga kualitas dari biji kopi tersebut. Ada 2 jenis Coffee Grinder yaitu manual grinder dan automatic grinder.

a. Manual grinder

Manual grinder atau disebut juga dengan hand grinder, adalah alat menggiling kopi yang tidak memerlukan listrik. Manual grinder memiliki harga yang cenderung lebih murah. Dengan varian harga yang beragam, Teman Kane bisa dapetin dengan harga di bawah satu juta. Tapi kalau Teman Kane memilih manual grinder harus siap buat agak repot untuk menggiling kopi atau melakukan pengaturan tingkat kekasaran dalam menggunakannya.

manual grinder

Manual coffee grinder
Sumber: www.unsplash.com

2. Automatic grinder

Nah, kalau Teman Kane nggak mau repot dalam menggiling biji kopi, alat ini merupakan solusi terbaik bagi Teman Kane. Dengan bantuan listrik, proses menggiling kopi akan lebih mudah dan efisien. Selain itu, dalam penggunaanya juga lebih mudah dan jika dibandingkan dengan manual grinder.

Yang perlu diperhatikan hanyalah untuk rutin melakukan pemeriksaan dan juga pembersihan mesin agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kalau kalian memilih untuk menggunakan automatic grinder, tentunya kalian harus menyediakan budget lebih untuk memiliki grinder jenis ini.

peralatan warung kopi

Automomatic coffee grinder
Sumber: www.unsplash.com

2. Drip Coffee Maker

Kalau metode pengolahan kopi Teman Kane menggunakan metode drip, maka untuk mempermudah dan mempercepat proses pengolahan ekstrak biji kopi menjadi minuman kopi harus memerlukan drip coffee maker.

Drip coffee maker ini bikin sajian kopi kalian jadi lebih nikmat dan berkualitas. Alat yang satu ini banyak dipilih karena harganya lebih terjangkau serta pemeliharaannya lebih mudah dan murah. Sebagian besar drip coffee maker modern juga sudah diprogram sebelumnya sehingga sepenuhnya otomatis. Selain itu, mesin ini memiliki kapasitas yang bahkan mampu menyeduh hingga 12 cangkir kopi dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu, kalian dapat menghemat waktu, dan pelanggan pun nggak perlu nunggu lama.

3. Rok Presso

rok presso

Rok Presso
Sumber: www.indopresso.com

Kalau mau bikin warung kopi sederhana, kopi espresso adalah menu yang wajib ada. Nah, Rok Presso ini adalah alat kopi manual yang digunakan untuk membuat kopi jenis espresso. Espresso ini adalah kopi hitam yang dijadikan dasar ketika kalian mau bikin café latte atau cappuccino.

Espresso sendiri dibuat dari air yang hanya sekitar 25ml-60ml, sehingga hasil kopinya sangat kental dan kaya akan rasa. Jadinya mantap! Espresso ini disajikan di hanya gelas kecil, sehingga sering disebut espresso shot. Nggak heran kalo espresso ini jadi minuman favorit banyak orang. Jadi Rok Presso ini penting banget dan kalian harus punya kalau mau bikin coffee shop atau warung kopi sederhana.

Selain mudah digunakan, Rok Presso ini juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Karena awet, Rok Presso ini bisa jadi investasi jangka panjang untuk peralatan warung kopi sederhana kalian. Selain mudah digunakan dan awet, Rok Presso ini tidak membutuhkan listrik loh. Jadi lumayan menghemat operasional warung kopi atau coffee shop kalian kan? Oh iya, untuk harganya bermacam-macam tergantung jenisnya. Berkisar antara 2-3 jutaan rupiah, kalian udah bisa beli Rok Presso ini.

4. French Press

Kalau Teman Kane membutuhkan alat pembuat kopi yang praktis dan mudah digunakan, French Press lah jawabannya. Alat ini merupakan salah satu alat kopi tertua di dunia loh! Sampai sekarang masih digunakan karena selain penggunaannya mudah, French Press ini ada banyak jenis dan pilihannya, dengan berbagai kapasitas juga.

warung kopi sederhana

French Press
Sumber: www.unsplash.com

Pada dasarnya, French Press ini adalah suatu alat penyeduh kopi yang dapat menghilangkan ampas kopi melalui teknik penekanan melalui tutupnya. Gampang kan? Kayaknya metode ini adalah metode menyeduh kopi tergampang setelah kopi tubruk. Hahaha.. Selain itu, French Press ini harganya relatif murah loh. Kalian bisa pilih mulai dari harga 50ribuan sampai yang sejutaan juga ada. Semua tergantung dari kualitas, bahan, dan kapasitas membuat kopinya. Tinggal pilih aja mana yang sesuai budget.

Uniknya, French Press ini bisa juga loh dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis minuman lainnya seperti teh. Bisa juga untuk membuat foam susu untuk campuran membuat latte art atau cappuccino tanpa menggunakan mesin espresso atau Rok Presso. Caranya, tuangkan susu yang telah dipanaskan terlebih dahulu ke dalam French Press, lalu kocoklah filter secara berulang-ulang sampai terbentuk foam dari susu. Murah dan gampang digunakan. Cocok kan untuk peralatan warung kopi sederhana kalian?

5. Pour Over

Teman Kane semua pada tau V60? Yap, minuman yang  diracik, dibuat, dan diseduh secara manual menggunakan kertas filter, yang akan memberikan rasa khas dari barista dan biji kopi yang diseduh. Metode yang digunakan dalam pembuatan minuman V60 ini adalah metode drip atau pour over. Pada umumnya, pelanggan lebih sering mendengar metode ini sebagai metode drip coffee karna mungkin lebih sering terdengar di kalangan pelanggan.

Di seluruh coffee shop, rata-rata pasti mempunyai alat untuk membuat kopi dengan metode drip. Alat yang paling sering kita lihat dan paling popular adalah Hario V60. Dalam metode drip coffee ini, pelanggan akan bisa menikmati atau bahkan terpesona dengan keahlian barista dalam meracik minuman V60-nya yang butuh skill juga. Dan tentu saja akan terpuaskan dengan rasa yang diberikan dari minumannya.

warung kopi sederhana

Pour over
Sumber: www.unsplash.com

Untuk harganya, Teman Kane bisa mendapatkan harga yang beragam. Ada yang harga 100 ribuan hingga lebih dari 700ribuan. Pada umumnya, setiap pembelian belum mendapatkan kertas filter dan kettlenya, jadi Teman Kane harus membelinya secara terpisah. Tapi ada juga yang dijual satu paket langsung, namun harganya pasti lebih mahal.

Tips dari Bang Kane nih, kalau Teman Kane masih dalam proses membuka kedai kopi, kalian harus punya salah satu peralatan warung kopi sederhana ini, karena pelanggan biasanya mencari minuman dengan cara drip atau pour over. Jadi kalian harus mempunyai Hario V60 sebagai salah satu metode menyeduh kopi.

6. Vietnam Drip

Bagi Teman Kane yang belum tahu alat seduh manual yang satu ini, sesuai namanya, alat ini berasal dari Vietnam. Alat satu ini cukup terkenal di seluruh coffee shop dan selalu langsung disajikan kepada pelanggan. Bentuknya simple, hanya seperti cangkir biasa, tapi mempunyai gagang pegangan dengan banyak lubang di dasar alat manual ini yang fungsinya agar kopi mengalir ke bawah.

peralatan warung kopi sederhana

Vietnam drip
Sumber: www.bp-guide.id/

Sejarahnya, dulu pada saat masa krisis Vietnam pada tahun 1957 hingga 1975, rakyat Vietnam sangat sulit mendapatkan kopi yang enak. Pada saat itu, untuk sebuah espresso  saja harganya sangat mahal. Pada masa kegentingan itulah rakyat Vietnam membuat alat ini untuk dapat menyeduh kopi dengan metode drip. Selain itu, pada saat itu masyarakat Vietnam juga sangat sulit mendapatkan gula karena iklim di Vietnam tidak mendukung. Pada saat itulah mereka menggunakan susu kental manis sebagai pemanis kopi mereka. Dan hasilnya enak!

Hingga kini, kopi dengan Vietdam Drip ini menajdi salah satu favorit pelanggan di berbagai coffee shop. Kopi dengan metode Vietnam Drip ini teksturnya relatif lebih kental dan lebih pahit sehingga cocok jika dicampur dengan susu kental manis. Pahit dan manitnya jadi pas!

Untuk harga, kopi dengan metode Vietnam Drip ini tidak terlalu mahal. Teman Kane bisa mendapatkan kopi ini dengan harga 40 ribu hingga ratusan ribu. Buat Teman Kane yang ingin membuka coffee shop, kalau beli jangan cuma 1 ya! hahaha.. karena bisa saja yang pesan kopi Vietnam ini lebih dari 1. Karena menyajikan kopinya biasanya langsung beserta alatnya. Jadi mereka bisa mendapatkan sensasi dan pengalaman menyeduh kopi dengan metode Vietnam Drip ini secara langsung. Selain menyeduh kopi dengan cara ini, ada juga kopi terkenal lainnya dari Vietnam, yaitu Egg Coffee atau kopi telur. Kalian bisa baca di sini. 

7. AeroPress

Selanjutnya adalah AeroPress. AeroPress ini adalah salah satu alat untuk menyeduh kopi secara manual. Jadi cara kerja alat ini tuh memanfaatkan tekanan udara buat menghasilkan ekstraksi seduhan kopi tersebut. Alat ini ditemukan oleh Alan Adler pada tahun 2005. “Hmm.. kehilatannya unik yah dari bentuk alatnya AeroPress ini.” Kata amang-mang yang sedang mengopi.

aeropress warung kopi sederhana

Menyeduh dengan Aeropress
Sumber: www.unsplash.com

Untuk sisi keunggulan, cukup banyak rasanya yang bisa Teman Kane dapetin dari alat ini dibanding alat seduh kopi manual lainya. Udah harganya terjangkau, waktu beli kamu dapet 1 set juga, jadi kalian nggak usah buat beli alat tambahan buat yang satu ini. Dari proses kalian membuat, dengan pake alat ini rasanya kalian akan lebih mempersingkat waktu deh, bisa selesai hanya dengan 1 menit.

Selain hal praktis dan kecepatan yang AeroPress ini punya, nggak luput juga deh masalah soal rasa. Kenapa? Karena dengan menggunakan AeroPress ini, rasa yang didapatkan akan merata. Kok bisa gitu ya? Bisa dong, karena dalam proses tekanannya membuat ekstrasi si biji kopi ini bisa lebih merata, atau kalo bahasa inggrisnya full immersed, yang mana membuat rasa kopi ini lebih cenderung ke arah yang manis.

Buat para pecinta kopi, AeroPress ini recommended banget! rasa yang cenderung lebih manis ini terbuat karena alat ini mampu untuk ngurangin tingkat keasaman si kopi tersebut atau disebut acidity, yaa. sekitaran seperlima kurang lebihnya.

Pastinya dalam kelebihan yah pasti ada kekurangan. Sebagai salah satu alat kopi wajib buat peralatan warung kopi sederhana kalian, AeroPress ini meskipun pengunaannya praktis, pemakaiannya yang cepat dan terlihat unik, dia juga memiliki kekurangan seperti penggunaan kapasitas nya yang terhitung terbatas. Selain itu, ada juga bagian-bagian yang bisa dibilang cepat gampang rusak! Seperti sealed rubbernya. Dan juga, ketika kita memakai alat tersebut, dibutuhkan tenaga yang cukup lumayan besar untuk melakukan teknik pressnya.

8. Moka Pot

peralatan warung kopi sederhana

Menggunakan Moka Pot
Sumber: www.unsplash.com

Apa itu Moka Pot? Sebagai salah satu peralatan warung kopo sederhana kalian harus punya ini. Moka Pot yaitu salah satu alat seduh untuk espresso non machine, jadi maksudnya itu ini alat terhitung manual. Cara kerjanya itu seperti ketika bubuk kopi ditaruh di antara tabung atas dan juga tabung yang dibawah. Hasilnya pun akan menjadikan kopi yang kental atau strong. Karena itu, air yang digunakan lebih sedikit daripada kopi hitam.

Bentuk dari Moka Pot ini juga mempunyai nilai seni. Karena stylenya yang vintage, bentuknya artsy gitu. Hahaha.. Apalagi jika menaruh Moka Pot di salah satu sudut rumah, maka rumah kalian akan terlihat lebih menawan.

Jadi keistimewaan apa saja yang dipunya si Moka Pot ini? Walaupun alat ini hanya bekerja memakai panasnya api, atau bisa juga menggunakan listrik, tapi jangan salah loh! Banyak keunggulan yang nggak bisa dipungkiri dan nggak ada juga di alat pembuat kopi lainya. Selain rasa kopi yang dihasilkan enak, harganya pun terhitung ekonomis atau lebih murah.

Dengan Moka Pot ini, kalian nggak usah mengeluarkan uang banyak. Dengan harga yang relatif cukup murah, kalian sudah bisa berhasil merasakan nikmatnya secangkir kopi. Kalo mau setiap hari, silahkan nggak ada yang larang! Hahaha..

Dalam menggunakan alat ini, pengoperasiannya juga terhitung mudah kok. Nah biasanya kendala yang dialami itu kayak level gilingannya yang kadang nggak pas atau konsistensi dari hasil seduhnya suka beda-beda. Tapi kalian juga bisa sambil belajar bagaimana membuat kopi dengan takaran yang pas.Dengan alat ini, siapapun dan apapun bisa membuat kopi. Cuss beli Moka Pot!

9. Peralatan Kopi Lainnya

Jika kalian berencana membuka kedai kopi, makan peralatan warung kopi sederhana yang udah Bang Kane sebutin di atas sebenarnya cukup. Tapi jangan lupa, ada beberapa peralatan-peralatan kecil yang harus kalian punya juga. Apa aja? Berikut daftarnya:

  • Kettle
  • Scale 
  • Server
  • Filter
  • Milk Froather
  • Milk jug
  • Thermometer
  • Canister
  • Spoon
  • Espresso glass
  • Portafilter
  • Tampers

Nah, udah tau kan alat apa aja yang dibutuhkan untuk membuat kedai kopi? Selain alat yang dibutuhkan, kalian juga perlu baca persiapan membuka coffee shop. Semoga daftar peralatan warung kopi sederhana di atas bisa membantu ngasih pencerahan ke kalian yang lagi dilema pengen bikin kedai kopi sederhana ya. Hahaha.. Daripada dilema dan bingung, ngopi aja dulu. Hahaha.. Selamat ngopi! 🙂

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat