Kopi untuk diet?

Halo Teman Kane! Membaca judul di atas pasti kalian bertanya-tanya, “kok bisa kopi bisa bikin kurus?” tentu saja bisa! Di artikel ini, Bang Kane mau berbagi sedikit informasi kenapa kopi bisa bikin kurus dan tentu saja kalau minumnya bener. Hehehe..

Selain bikin kita happy, kopi juga ternyata bisa membantu menurunkan berat badan lho. Menurut studi dari International Journal of Epidemiology pada bulan April, 2015, telah ditemukan bahwa orang yang meminum kopi memiliki resiko obesitas yang lebih rendah daripada yang tidak meminum kopi. Ada juga studi terhadap tikus yang dipublikasikan oleh Nutrition and Diabetes (Juni, 2014), yang menemukan bahwa tikus yang tidak mengonsumsi kopi lebih cepat naik berat badannya daripada yang mengonsumsi kopi.

minum kopi kopikaneku

Meminum kopi di pagi hari
Sumber: www.shutterstock.com

Oh iya, kopi dapat menurunkan berat badan dengan catatan yang dikonsumsi itu kopi hitam tanpa susu dan tanpa gula lho ya! Kalau pake susu dan gula sama aja dong. Hehehe..

Berikut beberapa alasan mengapa kopi bisa menurunkan berat badan:

1. Kopi mengandung kafein

Seperti yang kita semua tau, kopi mengandung kafein. Selain membantu meningkatkan fokus, kafein juga berguna untuk meningkatkan energi dan membantu pembakaran lemak. Hal ini mendorong thermogenesis, peristiwa di mana badan kita memproduksi panas dan energi dari mencerna makanan.

Selain itu, kafein juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Teman Kane pernah denger istilah RMR (resting metabolic rate) gak? Sederhananya, RMR adalah kalori yang kita bakar ketika tubuh kita sedang beristirahat. Jadi, walaupun kita gak ngapa-ngapain, tubuh kita pun tetap membakar kalori. Nah, semakin tinggi tingkat RMR pada tubuh seseorang, maka semakin cepat juga orang tersebut menurunkan berat badan. Menurut beberapa studi, kafein bisa menaikknya RMR ini sebesar sekitar 3-10%!

Lalu, apa artinya jika kita minum kafein lebih banyak, maka efeknya pun semakin besar? Ya bisa dibilang begitu, tapi mengonsumsi kafein terlalu banyak juga gak baik lho! Mengonsumsi kafein yang terlalu banyak bisa menimbulkan perasaan cemas, gelisah, dan bikin susah tidur. Idealnya, minumlah 1-3 gelas kopi per hari.

kopi bikin kurus olahraga

Ilustrasi orang berolahraga
Sumber: www.shutterstock.com

Lalu, cara terbaik gimana? Nah, peningkatan metabolisme tubuh makin besar efeknya kalau dibarengi dengan peningkatan pembakaran lemak. Dengan cara apa? Salah satunya dengan olahraga teratur dong. Hehehe..

2. Kopi mengandung asam chlorogenic

Mungkin pertanyaan Teman Kane adalah “apa sih asam chlorogenic itu?” asam chlorogenic adalah kandungan pada kopi yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak.

Jadi, apa yang akan terjadi ketika kita minum kopi setelah makan? Jika kita meminum kopi setelah makan, yang terjadi adalah asam chlorogenic pada kopi tersebut membantu memperlambat pembentukan glukosa pada tubuh. Ingat, kopi hitam tanpa gula ya!

3. Kopi membantu menahan nafsu makan

Nah, di bagian ini, Bang Kane jelasin lebih detail ya. Ada studi dari Obesity Research Journal yang mencoba membandingkan orang-orang obesitas yang meminum kopi dan yang tidak. Hasilnya ditemukan bahwa orang yang meminum kopi mengambil makan siang lebih sedikit dibanding dengan yang tidak meminum kopi.

kopi bikin kurus lapar

Lapar menunggu makanan
Sumber: www.shutterstock.com

Selain itu, kafein yang terkandung di dalam kopi juga dipercaya berpengaruh pada hormon PYY (peptide YY), hormon yang berhubungan dengan ras lapar dan rasa kenyang.

4. Kopi dapat membantu menambah energi

Seperti yang udah Bang Kane bilang, kafein pada kopi dapat meningkatkan energi di tubuh kita. Dengan meningkatnya energi di tubuh kita, kita akan lebih mudah fokus, tetap bertenaga, dan dapat melakukan lebih banyak aktivitas. Lebih banyak aktivitas, lebih banyak pula kalori yang terbakar. Simple kan?

Oleh karena itu, Bang Kane menyarankan minum kopinya sebelum berolahraga. Jadi energi dan metabolisme kalian bisa meningkat, dan pembakaran lemak pun jadi lebih optimal.

5. Kopi dapat mengurangi kadar air dalam tubuh

Pernah gak sih Teman Kane kebelet buang air kecil banget beberapa saat setelah minum kopi? Pasti pernah dan sering kan? Alasannya adalah kopi hitam memiliki efek diuretik yang meningkatkan hasrat buang air kecil dan menurunkan kadar air dalam tubuh.

kopi untuk diet

Ilustrasi program diet

Akumulasi dari kelebihan kadar air ini adalah weight gain bagi kebanyakan orang. Sebagian besar orang bertambah berat badan karena fat content (kadar lemak), dan sebagian lagi karena water content (kadar air). Dengan bantuan kopi, kadar air tinggi pada tubuh kita akan terbuang tanpa efek samping. Hebat kan?

Sebuah catatan, semua efek baik dari untuk membantu menurunkan berat badan akan bekerja lebih maksimal apabila zat-zat alami penting yang ada di dalam biji kopi tetap terjaga. Zat-zat tersebut pada kenyataannya sering hilang akibat proses roasting. Oleh karena itu, disarankan memilih kopi yang biji kopinya menggunakan teknik light roasted, sehingga asam chlorogenic yang ada pada kopi lebih terjaga.

Nah, kalian udah tau kan alasan kenapa kopi bisa bikin kurus? Setelah baca artikel dari Bang Kane ini, yuk mulai minum kopi hitam secara teratur! Asal minum sesuai porsi dan dosisnya, dibarengi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur, pastinya program diet kalian berjalan lancar. Baca juga deh manfaat-manfaat lain minum kopi hitam di sini. Selamat minum kopi, Teman Kane! 🙂

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat