Halooo Teman Kane! Balik lagi di sini bersama Bang Kane. Hahaha.. Sebelum ngomongin tentang fakta tentang kopi, sekarang pasti banyak orang yang ngerasa bosen banget karena kegiatannya cuma itu-itu aja. Ditambah lagi kalian juga harus tetep ada di dalem rumah. Tapi, Bang Kane nggak akan bosen untuk selalu ngingetin kalian agar tetap beraktivitas di dalam rumah aja untuk kebaikan kita semuanya.

Santai dulu sejenak! Karena hidup itu bukan tentang dia melulu hehe.. Take a break, bikin kopi dulu kek bentar, sambil nyalain musik biar agak chill. Nah selain itu, bisa duduk manis dan baca bacaan yang ringan, supaya bisa ngilangin rasa suntuk dan rasa bosan kamu.

Soal kopi, sejatinya mereka terkenal karena efeknya yang memberikan semangat di saat suasana terasa suntuk. Selain manfaatnya, ternyata cara mengonsumsinya dan fakta-fakta lainnya banyak juga orang belum tahu! Misalnya, kopi selain diminum, ada juga yang memakan langsung dari bijinya, bahkan ditemukan oleh salah satu hewan! Penasaran? Yuk simak beberapa fakta tentang kopi berikut!

1. Peran Islam terhadap Kopi pada Masa Kebangkitan Islam

fakta unik kopi

Ilustrasi Pengaruh Islam
Sumber: www.unsplash.com

Fakta tentang kopi yang pertama akan dibahas sedikit berhubungan dengan Islam. Well, masa kebangkitan Islam pada waktu itu memberikan dampak yang lumayan baik bagi nama besar kopi. Jadi ceritanya gini, pada saat itu orang-orang masih nggak begitu ngerti sama minuman kopi. Nah, semenjak Islam mulai bangkit, tercetuslah bahwa minuman alkohol itu diharamkan. Jadi, orang-orang pun mencari alternatifnya. Pada akhirnya, semua orang memilih minuman kopi sebagai gantinya.

Ternyata, minuman kopi ini cocok buat mereka karena bisa dinikmati banyak orang. Semenjak mengenal kopi, orang mulai suka untuk mengkonsumsi kopi. Dikarenakan rasanya yang cocok dan bisa juga diterima oleh banyak orang, mereka juga merasakan kelebihan yang dimiliki oleh minuman kopi ini. Seperti misalnya bisa bikin mereka lebih semangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Sejatinya Kopi itu untuk Dimakan

fakta kopi unik

Ilustrasi biji kopi
Sumber: www.unsplash.com

Perlu kamu tahu juga nih, bahwa kebiasaan yang dilakukan oleh suku-suku yang berada di negara Afrika itu adalah memakan biji kopi, bukan mencari biji kopi agar bisa mereka minum. Wow.. Tapi nggak langsung makan begitu aja loh. Sebelum mereka membuat biji-biji kopi, mereka menjadikan biji kopi ini menjadi “camilan” terlebih dahulu.

Jadi, mereka yakin dengan harapan besar bahwa camilan ini dapat menambah energi. Caranya terhitung mudah. Pertama ada biji kopinya, kedua mencampurkan biji kopi tersebut dengan lemak ataupun mentega. Karena memakan langsung biji kopi juga sangat bermanfaat loh, bukan asal karena suka aja. Ketika biji kopi ini langsung dimakan, maka kandungan kafein yang terdapat dalam biji kopi tersebut dapat lebih cepat diserap oleh tubuh. Fakta tentang kopi yang unik kan?

3. Orang-orang tahu manfaat kopi dari kambing

fakta kopi

Ilustrasi kambing
Sumber: www.unsplash.com

Fakta tentang kopi berikutnaya adalah membahas kambing. Hah? Kok bisa kambing? Dibilang kebetulan, ya bisa jadi. Hal ini dimulai dari negara Ethiopia, di mana para gembalanya waktu itu nemuin hal pertama yang nggak biasa. Mereka tahu soal kandungan kafein yang ada dalam biji kopi dan apa efek yang dimunculkan.

Nah, para gembala ini menemukan persoalan yang menarik ini ketika lagi bareng sama kambing-kambingnya. Nah, kambing yang mereka gembalakan itu, berubah menjadi seperti yang nggak biasanya. Geraknya tiba-tiba menjadi lebih lincah sampai bisa dibilang juga sedang “menari-nari”. Itu semua terjadi karena para kambing-kambingnya itu sebelumnya memakan biji kopi. Semenjak itulah, beberapa orang mulai mengenal biji yang dimakan oleh si pengembala tersebut dan menyebarkannya. Mula-mula, ia memberi biji ini kepada seorang biarawati. Kemudian biji itu dijadikan bahan campuran minuman-minuman lainnya, dengan tujuan agar bisa tetap fokus ketika saat beribadah. Thanks to kambing!!

Oh iya, kalian bisa juga baca manfaat kopi hitam yang banyak banget di sini ya.

4. Pertumbuhan kopi kompak di dalam satu garis

peta dunia

Ilustrasi peta dunia
Sumber: www.unsplash.com

Fakta tentang kopi yang haru kalian tahu juga yaitu bahwa tanaman-tanaman kopi yang ada di dunia ini tumbuh di satu garis lintang! Namanya yaitu The Bean Belt atau bisa disebut juga The Coffee Belt. Persebaran pertumbuhan area untuk tanaman-tanaman kopi ini dimulai dari Garis Balik Utara (Tropica of Cancer) dan Garis Balik Selatan (Tropics of Capricorn). Menakjubkan ya?

Hawaii adalah negara bagian Amerika Selatan yang satu-satunya yang ditanami oleh tumbuh-tumbuhan kopi. Indonesia adalah salah satu negara yang termasuk dalam kawasan Asia yang berada dalam garis lintang ini, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi yang banyak dikenal oleh manca negara.

5. Kopi pernah sempat dianggap ilegal oleh negara Inggris

Kejadian ini terjadi pada tahun 1675, di mana pada saat itu Raja dari Kerajaan Inggris ini melarang semua aktifitas yang ada hubungannya sama kedai kopi. Apakah karena dia nggak suka ngopi? Bukan. Karena ia pikir, dulu di tempat kedai kopi itu banyak orang yang berkumpul buat berkonspirasi untuk melawan dan menjatuhkannya! Curigaan ya. Hahaha..

Hal itu terjadi pada saat Raja Inggris masih dipimpin oleh Raja Charles II. Kenapa Ia sampai begitu? Karena pada mulanya, ia menemukan ramalan pada salah satu puisi yang ada di suatu kedai. Sejak saat itu, Ia menjadi curiga bahwa orang berkumpul untuk menjatuhkannya. Tetapi perintah ini hanya berlaku selama dua pekan dikarenakan banyak pihak yang tak menyetujuinya.

6. Kopi Arabika lebih banyak penggemarnya

Iya, hampir 70% konsumsi kopi terutama kopi premium di dunia, mengonsumsi jenis kopi Arabika. Kenapa? Karena kopi Arabika memiliki rasa yang lebih lembut dan aromanya lebih enak.

Sisanya yang 30% itu adalah tentu saja mengonsumsi kopi Robusta yang rasanya lebih pahit karena mengandung kafein yang lebih banyak dibanding kopi Arabika. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan kedua kopi ini, Bang Kane pernah membahas perbedaan antara kopi Arabika dan Robusta loh. Udah pada baca belum?

7. Pohon kopi bisa tumbuh tinggi sampai dengan 9 meter, tapi kebanyakan dipangkas jadi cuma sampai 3 meter saja

tanaman kopi

Ilustrasi tanaman kopi
Sumber: www.unsplash.com

Iya, tanaman kopi itu bisa tumbuh mencapai 30 kaki (atau sekitar 9 meter). Wow tinggi ya? Hahaha.. Tapi kebanyakan pohonnya dipangkas, jadi cuma sampai 10 kaki (3 meter) saja. Hal ini dilakukan supaya bijinya mudah dipetik. Selain itu, pohon juga dipangkas agar tetap rendah, yang tujuannya untuk mempermudah perawatan tanaman kopi. Kalau pohonnya rendah, itu juga akan mempermudah masuknya cahaya, dan mempermudah dalam pengendalian hama dan penyakit.

Kadang kita berpikir kalau semakin tinggi pohon kopi, maka semakin banyak kopi yang bisa kita hasilkan. Yaaa, nggak salah juga sih. Tapi misalnya pas panen, coba bayangin kalau pohonnya masih tinggi-tinggi. Petani kopi bakal susah memetik buah kopi yang ada di bagian atas. Harusnya selesai dalam sehari, malah jadi berhari-hari ngurusin hal petik-memetik buah kopi. Hahaha.. Malah jadi lama buang waktu kan?

8. Kopi adalah komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan di muka bumi

Nggak nyangka kan segitu besarnya konsumsi kopi di dunia ini? Sebagai pecinta kopi, fakta tentang kopi ini harus kalian tahu juga. Iya, kopi menjadi komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan di dunia ini, setelah yang pertama adalah minyak. Memang ada beberapa versi yang pro dan kontra mengenai hal ini. Tapi, mengingat lebih dari 2 juta cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari di dunia ini, maka kopi ini menjadi komoditas penting bagi suatu negara, apalagi Indonesia. Indonesia ini menjadi salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia loh setelah Kolombia, Brazil, dan Vietnam. Jadi kita pun harus bangga dengan negeri sendiri. Hihihi..

9. George Washington adalah penemu kopi instan

george washington

George Washington
Sumber: www.unsplash.com

Hah? Bukannya George Washington adalah seorang presiden Amerika? Hahaha.. Tentunya bukan George Washington yang itu, tapi yang dimaksud adalah George Washington yang berasal dari Belgia, tapi tinggal di Guatemala. Beliau adalah sosok di balik kopi instan ini yang sekarang ini sudah populer di seluruh dunia.

Kopi instan ini ditemukan oleh George Washington pertama kali pada tahun 1906 untuk perusahaan yang Ia dirikan untuk diproduksi secara massal. Washington yang kala itu tinggal di Guatemala, sedang mengamati kopi kering di teko kopi. Lalu tercetuslah ide untuk membuat kopi kering yang bisa langsung diseduh tanpa proses panjang seperti menyangrai, menggiling biji kopi, dan lain-lain.

Setelah melakukan berbagai eksperimen, ia menjual kopi instan dengan merek “Red E Coffee”. Kopi tersebut langsung menguasai pasar kopi instan di Amerika selama berpuluh-puluh tahun. Lalu pada tahun 1930-an, industri kopi di Brazil memulai riset untuk kopi instan ini. Nah, Teman Kane tau kan merek Nestle? Perusahaan ini mulai memproduksi kopi instan dengan merek Nescafe pada tahun 1938. Kopi ini kemudian menjadi sangat populer di kalangan prajurit Amerika selama perang dunia II. Uniknya, selama satu tahun, seluruh produksi pabrik Nescafe di Amerika diproduksi hanya untuk kebutuhan militer. Wah, wajib berterima kasih kita sama George Washington!

10. Istilah Americano berasal dari tentara-tentara G.I Amerika pada masa perang dunia II

americano

Kopi Americano
Sumber: www.unsplash.com

Fakta tentang kopi berikutnya adalah tentang asal mula Americano. Istilah ini awalnya berasal dari para tentara G.I Amerika pada masa perang dunia II. Para tentara Amerika ini pada zaman itu biasanya memesan espresso, tapi agar rasanya nggak terlalu strong, mereka mencapurnya dengan air.

Lalu Teman Kane pernah denger istilah “cup of Joe” nggak? Istilah ini berasal dari para tentara G.I Joes pada masa perang dunia II. Nah, mereka-mereka ini dikenal sebagai peminum-peminum kopi berat.

Ngomongin kopi emang nggak ada habisnya ya. Terutama buat pecinta kopi. Ternyata banyak kan fakta tentang kopi yang kalian belum tahu? Bang Kane masih punya banyak fakta-fakta kopi unik lainnya loh. Hahaha.. Kalau kalian, fakta tentang kopi apa yang kalian tahu? Coba share di sini dong :p

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat