Hai Teman Kane semua! Balik lagi seperti biasa sama Bang Kane. Sebelumnya kita udah bahas tentang fakta kopi di artikel sebelumnya, dan sekarang Bang Kane bakal lanjutin sisanya. Kalo ada Teman Kane yang belum baca, sok dibaca di sini.

Kalau kita simak lebih lanjut, ternyata emang banyak fakta tentang kopi ini yang menarik untuk kita tahu. Kita semua pastinya tau kalo kopi ini biasanya diminum, terus ada juga yang bilang kalau kopi berasal dari hewan. Nah tetapi kalo kalian berpikiran gitu, kalian salah Bro. Karena sejatinya, selain cara memproses si kopi ini, masih banyak fakta menarik di balik semua itu. Terdengarnya simple ya kopi itu, namun aslinya nggak sesederhana itu. Hahaha.. Yuk daripada berlama-lama intronya, langsung aja deh ke hal pokoknya!

1. Kopi tidak dibutuhkan saat kita terjaga

Fakta tentang kopi pertama ialah kopi ini ternyata nggak dibutuhin saat kita terjaga. Buat Teman Kane yang bertanya-tanya, kenapa bisa seperti ini? Kalo kalian tau, sebenernya tubuh manusia ini memproduksi secara otomatis hormon yang sama manfaatnya seperti kafein. Namanya hormon kortisol. Tapi tubuh nggak melulu memproduksi hormon ini. Ternyata ini terbentuk pada saat di mana itu semua ditentukan oleh ritme sirkadian tubuh kita ini. Steven Miller, seorang ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences, mengatakan bahwa minum kafein, termasuk juga kopi, sebaiknya setelah jam 09.00 pagi. Berdasar atudi yang telah dilakukan, hormon kortisol yang ada pada tubuh akan meningkat khususnya pada jam sekitar jam 08.00-09.00 pagi.

Buat kamu yang hobi banget buat minum kopi, kamu harus tau juga kapan waktunya minum kopi secara tepat dan benar. Jadi kortisol ini sama gunanya dengan kafein yang ada terkandung dalam kopi ini. Kalo tubuh kita lagi produksi kortisol dan kamu malah minum kopi, fix deh ntar dibikin candu kaya yang ada di lagu-lagu itu Hahaha..

2. Minum Kopi nggak bikin lebih cepat dehidrasi

fakta tentang kopi

Ilustrasi orang dehidrasi
Sumber: www.gettyimages.com

Kadang orang banyak yang mikirnya kalo kita minum kopi itu bakalan bikin cepet kebelet pengen pipis dan juga bakal ngerasa cepet untuk dehidrasi. Tapi sebenernya ini nggak semuanya salah loh. Ya balik lagi, kalo kamu minumnya seliter, pasti itu bakalan cepet buat kebeletnya. Hahaha..

Jadi kalo dalam hal ini, minum kopi itu nggak ngaruh sama banyak atau dikitnya volume urin, tetapi kalau minumnya berlebihan, ya nggak usah ditanya lagi itu bakalan cepet buat kebelet. Kalo pepatah mah suka bilang, apa-apa juga jangan terlalu berlebihan. Setuju nggak?

3. Bahwa Kafein itu Sebenernya bukan Benda Cair, Melainkan Benda yang Berbentuk Kristal!

Nah ada hal yang menarik lagi nih, kalau kalian mengira bahwa bentuk kafein itu adalah benda yang bentuknya itu cair, kalian salah. Hahaha.. Karena ternyata kafein yang ada di dalam kopi ini tuh bentuknya kristal yang kehitung kecil. Eitssss walaupun bentuk nya kecil, jangan diremehin loh. Ini tuh manfaatnya besar loh buat tubuh manusia. Bentuknya itu berukuran sekitar 0,0016 inci. Berapa lama buat kafein ini terasa efeknya? Hanya butuh waktu cuma 10 menit aja. Dan juga rasa kafein di kopi ini nggak pahit ya. Kalau ada yang mikirnya makin pahit makin banyak kafeinnya, salah! Kalo pahit ini bukan dateng dari kafeinnya ya gaess.

4. Lebah Madu Ternyata Suka Sama Kopi

Fakta tentang kopi berikutnya adalah ternyata eh ternyata, doi juga kepincut ama kopi. Ternyata lebah nggak cuma suka sama madu, dia juga suka kopi. Jadi gini nih menurut informasi yang Bang Kane denger, lebah ini tertarik sama yang namanya kafein. Jadi bukan kita-kita aja yang butuh kafein, ternyata lebah pun sama suka dan butuh sama kandungan kafein. Karena kafein ini membuat mereka punya memori yang jangka panjang yang tentunya hal ini berpengaruh positif buat mereka.

5. Astronot Punya Gelas Khusus buat Ngopi, Buat Chill di Luar Angkasa

fakta tentang kopi

Ilustrasi astronot
Sumber: www.gettyimages.com

Astronot kalo mau ngopi gimana? Kebayang kan di luar sana nggak ada gravitasi sama sekali? Jadi kalo air atau benda lain bakal terbang. Jadi kalo mau ngopi susah dong? Ya nggaklah bro. Banyak jalan menuju Roma. Hahaha.. Pasti kalopun pergi ke luar angkasa, para ilmuwan udah prepare buat semuanya. Ilmuwan dari Universitas di Portland bahkan sudah mengantisipasi hal itu dengan bikin gelas khusus bagi para astronot di luar sana! Wow.. Jadi kalo mau ngopi chill aja.

Gelas ini juga dijual loh untuk umum. Harganya berapa? 500 Dollar per gelas! Widih.. mahal banget napa yak? Soalnya gelas tersebut dibuat khusus pake mesin printer tiga dimensi, dan gelas ini pun dinamakan gelas kopi nol-gravitasi karena air yang didalamnya nggak akan ikut terapung karena nggak  adanya gravitasi di luar angkasa sana. Canggih..

6. Asal nama coffee

“Coffee” sendiri adalah bahasa Inggris, yang artinya di Indonesia adalah kopi. Nah coffee itu sendiri asalnya dari bahasa Latin yaitu “coffea“. Coffea sendiri merupakan nama latin dari sebuah genus pohon.

7. Moka Sebenarnya Adalah Nama Pelabuhan di Yaman

Fakta tentang kopi berikutnya ialah mengenai asal mula kopi Mocha. Di Yaman, ada sebuah kota bernama kota Mocha. Kota ini merupakan pelabuhan pertama tempat biji kopi pertama kalinya disebarkan ke seluruh dunia. Nah, kopi di Yaman ini dikenal mempunya kualitas yang rasanya mirip dengan cokelat. Makannya, perpaduan kopi dan cokelat inilah yang akhirnya dikenal sebagai Mocha, jenis kopi yang akhirnya menajdi favorit bagi banyak orang.

8. Kopi Luwak Merupakan Kopi Termahal di Dunia

kopi luwak fakta tentang kopi

Ilustrasi kopi luwak
Sumber: www.gettyimages.com

Fakta kopi yang kalian harus tahu juga adalah Kopi Luwak adalah kopi termahal di dunia. Kenapa bisa gitu? Luwak yang hidup di alam liar mengonsumsi buah kopi. Buah kopi yang dimakan luwak tersebut akan mengalami proses fermentasi di dalam perutnya selama 24 jam sebelum bijinya keluar melalui feses.

Kopi yang keluar bersama kotorannya diproses menjadi bubuk kopi. Karena jumlahnya yang terbatas, menjadikan harganya sangat mahal. Harganya bisa mencapai 2 juta rupiah per 500 gram. Rasanya yang khas menjadikan kopi ini sebagai kopi favorit bagi sebagian besar orang.

9. Kopi Kehilangan 70% Rasanya Dalam Waktu 2 Menit

Menurut Bang Kane, kopi lebih baik dinikmati saat kopi masih panas. Kenapa? Karena kopi sebenarnya akan kehilangan 70% rasa khasnya dalam waktu 2 menit. Atau banyak yang bilang kopi tersebut sudah “basi” kalau sudah lewat dari 15 menit. Nah, udah tau kan alasannya? Jadi, mending kalau abis bikin atau pesen kopi, jangan tunggu sampai kopinya dingin ya! Nanti udah basi, nggak jadi nikmat loh.

10. Cobain Namanya “Caffeine Naps”, Sangat Efektif!

Kapan sih waktu yang tepat buat minum kopi? Kalian pasti biasanya minum kopi pas lagi ngantuk atau lagi nggak semangat kan? Nah, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat kopi secara maksimal, coba deh minum kopinya sebelum tidur siang. Berdasarkan studi, minum kopi lalu dilanjutkan dengan tidur siang selama 15-20 menit atau biasa disebut power nap, akan bikin orang semangat lagi ketika bangun. Cobain deh!

Nah, udah bertambah kan wawasan kalian tentang kopi? Jangan lupa baca juga artikel-artikel Bang Kane lainnya. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya ya. Jangan lupa ngopi ~

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat