Hai Teman Kane! Kali ini Bang Kane mau ngasih beberapa rekomendasi coffee shop di Braga, salah satu daerah legendaris di Bandung. Kalau kalian ke Bandung dan lagi jalan-jalan ke daerah Braga, coba mampir deh ke tempat-tempat ini!

Kopi Toko Djawa

Kopi Toko Djawa adalah salah satu favorit coffee shop di Braga versi Bang Kane. Menu andalan dari Kopi Toko Djawa yang paling populer adalah “Kopi Toko Djawa”. Ini adalah es kopi dicampur susu dan gula aren, yang menjadi menu kopi kekinian di coffee shop Bandung. Rasa kopi, susu, dan gulanya pas. Gak terlalu manis, kopinya juga gak terlalu pahit, dan susunya pun pas. Okelah dan sesuai dengan harganya.

kopi toko djawa

Es Kopi Toko Djawa dan Cemilannya
Sumber: Koleksi pribadi

Selain Es Kopi Toko Djawa, menu andalan lainnya adalah “Kopi Awan”. Ini adalah es kopi susu dicampur gula aren, dan ditambah creamy foam yang lembut di atasnya. Foamnya tebal dan lembut banget, enak juga nih Teman Kane! Rasa kopinya sesuai dengan harganya yang cukup terjangkau.

Selain menu kopi, Kopi Toko Djawa ini juga memiliki menu cemilan jadul lho! Waktu Bang Kane ke sana, Bang Kane memesan Cheesy Brownie, dan rasanya enak! Dan tentunya dengan harga uang cukup terjangkau. Hihi

Kopi Toko Djawa ini mempunyai 3 lokasi, tapi Bang Kane ke lokasi Kopi Toko Djawa yang di Braga. Selain rasa kopinya yang enak, suasanya juga nyaman banget. Gedungnya yang unik khas kolonial Belanda, membuat salah satu coffee shop terkenal di Bandung ini jadi daya tarik tersendiri bagi para warga lokal ataupun turis dari luar. Menikmati kopi, mengobrol, atau mengerjakan tugas sambil melihat orang-orang lalu lalang di jalanan Braga bikin Bang Kane jadi betah berlama-lama di sini.

suasana kopi toko djawa

Suasana Kopi Toko Djawa
Sumber: Koleksi pribadi

Dulunya toko buku

Uniknya, Kopi Toko Djawa ini dulunya adalah toko buku. Namun menariknya, buku-buku tersebut tidak lantas hanya dibuang, tapi malah dibiarkan dan sengaja diletakkan di beberapa meja pengunjung untuk dibaca secara gratis. Bukunya pun cukup menarik, mulai dari novel hingga buku sejarah zaman dahulu.

Kopi Toko Djawa ini mulai berjualan buku sejak tahun 1955 yang awalnya bernama “Toko Buku Djawa”. Lalu karena kalah bersaing, toko buku ini tutup dan berhenti beroperasi pada tahun 2015. Kemudian direnovasi dan buka kembali pada tahun 2017, dan bertransformasi menjadi kedai kopi seperti sekarang ini.

Renovasi yang dilakukan pun cukup unik karena tidak meninggalkan bentuk khas kolonialnya. Sejak itulah para pengunjung mulai datang tanpa henti ke coffee shop ini. Banyak yang datang untuk menikmati kopinya, banyak juga yang datang hanya untuk foto-foto. Kopi Toko Djawa ini memiliki 2 lantai. Lantai kedua ada yang menjual aksesoris lucu dan unik, kartu pos, baju, dan pernak-pernik lucu lainnya.

Tidak memiliki Wi-Fi

Oh iya, Kopi Toko Djawa ini tidak memiliki Wi-Fi lho! Sepertinya coffee shop ini memang bertujuan membuat orang-orang yang ke sini berinteraksi. Jadi memang jarang yang ke sana diam menunduk bermain smartphone, streaming atau download film, atau asik dengan gadgetnya sendiri. Memang lebih baik mengobrol sepuasnya sambil menikmati kopi ya.

Kopi Toko Djawa ini merupakan salah satu tempat kopi enak di Bandung. Beroperasi setiap hari pada pukul 10.00 – 22.00, Bang Kane approved!

Toko Kopi Djawa

Alamat:
Jl. Braga No.79, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung
LLRE Martadinata St No.205, Bandung Wetan, Bandung
Jl. Burangrang No.3, Malabar, Kec. Lengkong, Bandung
Harga: Rp 20.000 – Rp 25.000

Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza

Pasti kalian pengen tau review salah satu coffee shop di Braga ini kan dari Bang Kane? Tenang aja, kali ini Bang Kane bakal ngereview Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza yang baru aja launching nih. Pertama-tama, di mana sih tempatnya? Catet nih Teman Kane, alamatnya ada di jalan Braga No. 45, Bandung.

Nah, sekarang Bang Kane bakal ngasih tau ke kalian dalemnya tuh ada apa aja sih? Jadi, dengan mengusung konsep modern, Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza ini ngasih kalian pencerahan baru kalau di coffee shop tuh menunya harus ada cemilannya juga. Gak tanggung-tanggung malah, cemilannya langsung pizza! Gokil kan?

jurnal risa coffee

Suasana Jurnal Risa Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Menu yang unik

Bang Kane waktu ke Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza cukup terhibur dengan nama menu kopinya. Kalau kalian suka baca novel-novelnya Risa Sarasvati, terus juga nonton filmnya, bahkan jadi subscriber YouTubenya Jurnal Risa, pasti udah gak asing sama nama-nama hantu yang dikenalin sama mereka. Mulai dari anak-anak Belandanya kaya Peter, Jansen, Hans, Hendrick, William, bahkan Mamat Modol juga ada di menunya!

Menu Jurnal Risa Coffee

Menu kopi Jurnal Risa Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Jadi nih Teman Kane, menu yang ada nama para hantunya itu adalah signature menu yang ditawarin temen-temen Jurnal Risa buat para pengunjungnya nih. Waktu ke sana, Bang Kane nyobain dua menu karena penuh banget. Sebelum bahas menu apa yang Bang Kane pilih, Bang Kane mau nyaranin aja ke kalian kalau mau mampir ke Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza ini lebih baik pagi-pagi atau kalau kalian siap ngantri sih gak apa-apa sih sore ke malem oke banget. Karena lampu neon di tempatnya itu akan menyala dengan indahnya kalau malem!

Cukup intermezzonya, Bang Kane milih menu Susu dan Ue Kocok Kesukaan Jansen sama Susu Favorit Marianne. Sayang banget Bang Kane cuman bisa milih dua menu ini karena memang stoknya habis dan yang tersisa hanya itu. Mungkin kalau waktunya Teman Kane mampir, semoga menu signaturenya lengkap semua yah.

Marty’s Pizza

Nah sedangkan untuk pizzanya, Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza ini nyuguhin hanya satu slice pizza aja nih tapi gede banget! Dan Bang Kane nyobain Pizza Mentaility sama Mercer Margherita. Kalian mesti banget coba sih Teman Kane, enak banget kan ada kopi, ada satu slice pizza?

jurnal risa coffee merchandise

Jurnal Risa Coffee merchandise
Sumber: Koleksi pribadi

Lalu, di sini kalau kalian beruntung, kalian bakalan bisa ketemu sama seluruh personil dan tim dari Jurnal Risa. Kalian bisa foto-foto di tempat yang menurut kalian cocok loh buat dijadiin background foto kalian. Dan, yang lebih ngejutin Bang Kane lagi, kalau kalian beruntung banget nih, ketika kalian mesen menu signature kopi dari Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza, yang bakal ngelayanin kalian tuh bisa member dari personil Jurnal Risa! Keren banget kan? Waktu Bang Kane ke sana sih disambut sama Nicko yang suka masukin hantu Mamat Modol. Sungguh pengalaman yang unik!

jurnal risa coffee tampak luar

Jurnal Risa malam hari
Sumber: Instagram @jurnalrisa.coffee

Jurnal Risa Coffee X Marty’s Pizza

Alamat: Jalan Braga No. 45, Bandung
Harga: Kopi Rp 20.000-35.000
Makanannya 25.000 – 65.000

Wiki Koffie

Jalan Braga merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional. Menikmati eksotisme dan romantisme Bandung tempo doeloe menjadi salah satu alasan orang untuk datang ke sini.

Nah Teman Kane tau ga sih kalau di salah satu sudut di jalan Braga ada satu coffee shop yang rame banget? Bahkan untuk dapat menikmati secangkir kopi sambil bersantai ria, Teman Kane harus rela antri dan masuk waiting list. Yups, nama coffee shop nya yaitu Wiki Koffie.

Perpaduan tempo doeloe dan modern kekinian

Sebagai salah satu tempat nongkrong favorit anak muda Bandung, interior coffee shop ini mempunyai interior yang instagenic. Meski demikian, tempat ini juga asik untuk anak kecil dan orang tua. Mengusung tema retro-minimalis, Wiki Koffie ini menawarkan suasana yang hangat, damai, dan menenangkan.

Dekorasi bernuansa jadul seperti radio dan lampu kuno semakin menguatkan nuansa retro. Namun, sedikit sentuhan kontras terdapat pada hiasan dinding yang menggambarkan kesan kekinian dan milenial.

wiki coffie

Interior kece dari Wiki Koffie
Sumber: www.travelingyuk.com

Dekorasi apik lainnya hadir berupa deretan lukisan yang terpajang rapi menghiasi dinding. Mural bertema bunga tampak mencolok di salah satu sudut cafe. Berhiaskan warna-warna cerah, interior tempat ini terlihat semakin cantik. Eksterior bangunan Wiki Koffie ini memang unik dan mencolok bagi siapapun yang melihatnya. Ditambah lagi bangunannya berwarna putih khas bangunan peninggalan Belanda dengan kombinasi warna merah tepat di huruf W nya.

wiki koffie

Wiki Koffie tampak dari luar
Sumber : www.tempatwisatadibandung.info

Terlepas dari itu, memang tempat ini menawarkan ambience yang sangat nyaman dan cozy bagi pengunjungnya, sehingga hal ini yang menjadikan pengunjung rela antri jika ingin menikmati suasana yang ditawarkan coffee shop ini. Fasilitas akses internet gratis (free Wi-Fi) juga menjadi daya tarik tersendiri bagi salah satu coffee shop favorit di Braga ini. Tak heran jika ada banyak orang rela menghabiskan waktu di Wiki Koffie, karena memang tempatnya sangat worth it, layak dijadikan pelarian sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Menu kopi

Menu utama kopi di coffee shop ini mayoritas didominasi oleh biji kopi yang berasal dari biji kopi dari luar negeri. Namun, biji kopi Indonesia juga tersedia di sini. Teman Kane juga bisa mencoba beragam menu klasik seperti Kopi Tarik, Chocolate Marshmallow, atau Caribbean Coffee.

Buat Teman Kane yang pecinta kopi, tentu wajib hukumnya memesan minuman espresso-based atau manual brew. Tapi buat kalian yang gak suka dengan minuman kopi, jangan khawatir karena di Wiki Koffie juga ada pilihan minuman lain seperti ice blend, healthy green, milkshake,dan lain lain. Namanya pun lucu-lucu, seperti Milo Dinosaur, Bak Bik Buk, Frozen Monkey, dan Tang Teng Tong, menarik kan?

Untuk menemani dalam menikmati secangkir kopi, Wiki Koffie juga menyediakan menu lain mulai dari snack, quiche, pizza, main course hingga dessert yang akan memanjakan lidah kamu lho! Snack yang ditawarkan ada Mac and Cheese, Chicken Lasagna, Spicy Wedges, dan masih banyak lagi. Semuanya dibanderol antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Sementara untuk quiche, Wiki Koffie hanya menawarkan tiga menu yang semuanya dipukul rata seharga Rp 25.000 per porsi. Ketiga menu tersebut yaitu Cheese and Spinach, Spicy Hawaiian dan Thai Tom Yum.

menu wiki koffie

Menu WIki Koffie
Sumber: www.pergikuliner.com

Dessert yang yummy

Bagi para penggemar dessert, di sini kalian bisa mencoba beragam sajian mulai dari Cheese Cake, Crazy ‘Nut Pisgor Bangkok, Lava cake, waffle, serta pancake. Semuanya ditawarkan dengan range harga antara Rp.15.000 hingga Rp.30.000. Salah satu favorit yang kerap jadi pilihan pengunjung adalah Kue Telur. Tersedia dalam berbagai varian yaitu original, cokelat, keju, oreo, dan combo. Bentuknya unik dan rasanya gurih banget! Terasa sangat nikmat apalagi dipadukan dengan saus cokelat. Harga kue telur ini Rp 16.000 per porsi.

Selain kue telur, waffle ala Wiki Koffie juga patut kalian coba, waffle disajikan dengan topping es krim vanilla. Kalian juga bisa memilih dua varian waffle berbeda yaitu original dan oreo. Rasa gurih dari waffle berpadu apik dengan manisnya es krim, menghasilkan kombinasi yang sempurna! Sensasi segar langsung terasa ketika dinginnya es krim meleleh di mulut. Seporsi waffle original bisa Teman Kane nikmati dengan harga Rp 18.000, sementara varian oreonya Rp20.000 per porsi.

Wiki Koffie

Alamat: Jalan Braga no. 90, Bandung
Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000

Sawo Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Sawo Coffee & Roastery

Jalan Braga memang identik dengan kawula muda yang haus akan hal baru. Yap, betul banget nih Teman Kane! Kali ini Bang Kane mau ngasih tau ke kalian ternyata ada coffee shop di Bandung namanya Sawo Coffee & Roastery. Dari pilihan tempatnya, mereka mengambil tema industrial gitu. Kalau kalian nih pengen foto-foto di sini, udah paling cocok banget buat menuhin feeds Instagram kalian. Apalagi lebih cocok kalau feeds kalian punya tema monochrome gitu.

Sawo Coffee & Roastery
Sumber: Koleksi pribadi

Nah, kalau dari kopinya nih Teman Kane, di Sawo Coffee & Roastery ini yang jadi kopi andalannya itu Es Kopi Sawo sama Es Kopi Aren. Lagi dan lagi Bang Kane harus ngasih tau ke kalian kalau tren kopi susu ini emang ga bisa dilupain gitu aja. Untuk range harganya, Es Kopi Sawo ini dikasih harga Rp 24.000 dan Es Kopi Arennya Rp 20.000.

Es Kopi Aren
Sumber: Koleksi pribadi

Bang Kane sebenernya penasaran sih sama minuman yang warnanya agak ke abu-abuan gitu, pas nanya ke baristanya, ternyata itu adalah menu andalan lainnya di Sawo Coffee & Roastery ini yang juga jadi menu andalannya mereka juga loh Teman Kane. Nama menunya itu adalah Charcoal Latte. Menu ini bisa kalian pesen secara hot atau ice loh. Nah, Charcoal Latte ini dikasih harga untuk yang hotnya Rp 24.000 dan untuk yang icenya Rp 26.000.

sawo coffee

Suasana di dalam Sawo Coffee & Roastery
Sumber: Koleksi pribadi

Untuk konsep meja barista yang digunakan oleh Sawo Coffee and Roastery ini adalah konsep simple but gold. Meja barista yang terlihat biasa saja namun memiliki tatanan rapi dan bersih membuat kita dapat menyaksikan dan menikmati pembuatan kopi di Sawo Coffee and Roastery ini. Pelayanan pelanggan yang diberikan oleh para pegawai di Sawo Coffee and Roastery ini juga nyaman dan ramah. Pegawai di coffee shop ini juga terlihat tidak terlalu formal, dan casual.

Suasana di dalam Sawo Coffee & Roastery
Sumber: Koleksi pribadi

Teman Kane pasti penasaran kan menu andalan di Sawo Coffee & Roastery ini kayak gimana? Pelayanan yang ramah, konsep yang terlihat mahal dan elegant, namun dengan harga yang normal membuat kita ingin kembali ke sini lagi, lagi, dan lagi. Apalagi manisnya dari Es Kopi Sawo sama Es Kopi Arennya yang bakal menggunggah selera ngopi kalian. Tidak lupa pula menu Charcoal Lattenya yang bakal bikin mind-blowing!

Jangan dipertimbangkan lagi kapan mau ke sini! Kalau para Teman Kane udah pada di Bandung, pokoknya wajib deh ke sini, apalagi kalo sama doi, biar bisa insta story dengan doi di tempat yang bagus ini hahahaha. Selain di Braga, coba baca juga deh coffee shop kece di Bandung versi Bang Kane. See you di review dan artikel berikutnya Teman Kane. Selamat ngopi! 🙂

Sawo Coffee & Roastery

Alamat: Jl. Braga No.76, Bandung
Harga: Rp 17.000 – Rp 35.000

Suasana di dalam Sawo Coffee & Roastery
Sumber: Koleksi pribadi

Teman Kane pasti penasaran kan menu andalan di Sawo Coffee & Roastery ini kayak gimana? Pelayanan yang ramah, konsep yang terlihat mahal dan elegant, namun dengan harga yang normal membuat kita ingin kembali ke sini lagi, lagi, dan lagi. Apalagi manisnya dari Es Kopi Sawo sama Es Kopi Arennya yang bakal menggunggah selera ngopi kalian. Tidak lupa pula menu Charcoal Lattenya yang bakal bikin mind-blowing!

Jangan dipertimbangkan lagi kapan mau ke sini! Kalau para Teman Kane udah pada di Bandung, pokoknya wajib deh ke sini, apalagi kalo sama doi, biar bisa insta story dengan doi di tempat yang bagus ini hahahaha. Selain di Braga, coba baca juga deh coffee shop kece di Bandung versi Bang Kane. See you di review dan artikel berikutnya Teman Kane. Selamat ngopi! 🙂

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat