Hi Teman Kane! Kali ini Bang Kane akan membahas coffee shop di Bandung tapi yang bergaya industrial kekinian. Dunia per-coffee-shop-an saat ini bukan hanya diminati soal kopinya aja, tapi juga interior dan konsep desainnya. Yang jelas tempatnya harus bikin orang-orang yang berkunjung ke coffee shopnya bisa betah dan nyaman. Nah salah satunya adalah yang bergaya industrial.

Biasanya coffee shop bergaya industrial ini bangunannya kayak nuansa pabrik, lalu warnanya bernuansa abu-abu gitu. Lalu dibuat dengan gaya furniture yang minimalis, sehingga kesannya lebih bersih dan modern. Di Bandung, coffee shop model beginian apa aja ya? Yuk simak ulasannya!

1. Dua Coffee

Yang pertama, Bang Kane merekomendasikan Dua Coffee. Tempatnya keren sih, cukup unik, pake aksen kaca-kaca gitu. Lokasinya di Jalan Cempaka, cukup dekat dari jalan Riau. Jadi bisa banget tuh abis jalan-jalan, mampir ngopi ke sini! Hihi..

Oh iya, Dua Coffee ini merupakan cabang dari Dua Coffee yang sudah lebih dulu buka di Jakarta. Dan kabarnya, Dua Coffee ini akan membuka cabang baru di Amerika lho karena biji kopinya yang enak! Wah, kece abis!

Dua Coffee

Dua Coffee tampak dari luar
Sumber: Koleksi pribadi

Walaupun terbilang cukup kecil, tapi tempat ini cukup cozy dan homy. Kursi-kursi yang di bagian luarnya pun cukup unik lho, bening semua gitu kayak dari kaca. Desainnya keren! Bang Kane pengennya sih duduk di luar di kursi-kursi yang lucu itu, tapi pas Bang Kane ke Dua Coffee, ternyata lagi abis hujan, jadi Bang Kane milih untuk duduk di dalam aja.

Dua coffee

Bagian luar Dua Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Menu kopi

Kopi di sini ada bermacam-macam. Untuk manual brewnya, ada beberapa biji kopi yang bisa kalian pilih. Metode brewingnya juga bisa pilih anara V60, Kalita, atau Chemex.

Pilihan biji kopi Dua Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Rasa kopi hitamnya cukup enak. Bang Kane waktu itu pesen kopi single origin dari Selatan Bandung, dan satu signature kopinya, namanya Cereal Star Latte. Jadi itu adalah kopi, susu, ditambah cereal, dan dikasih es krim vanilla. Yummy! Semuanya enak, aman lah menurut Bang Kane.

Cereal Star Latte
Sumber: Koleksi pribadi

Selain menu kopi, ada juga cemilan dan makanan berat lainnya kalau misalnya kalian kelaparan di sini. Harganya sesuai dengan rasanya sih, karena porsi yang diberikan pun cukup besar.

kopi hitam dua coffee

Kopi hitam manual brew
Sumber: Koleksi pribadi

Nah, penasaran kan sama Dua Coffee ini? Cus kepoin tempatnya dan cobain sendiri kopinya! 🙂

DUA COFFEE

Alamat: Jl. Taman Cempaka No.7, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung
Harga: Rp 25.000 – Rp 50.000

2. Sejiwa Coffee

Pilihan Bang Kane selanjutnya adalah Sejiwa Coffee. Salah satu coffee shop favorit di Bandung ini terletak di jalan Progo, Bandung Wetan. Coffee shop ini pun sering dikunjungi beberapa pejabat Bandung seperti gubernur Ridwan Kamil dan rombongan pejabat lainnya. Bahkan Sejiwa Coffee ini pernah dikunjungi oleh presiden Jokowi karena rasa kopinya yang enak.

sejiwa coffee

Presiden Jokowi mengunjungi Sejiwa Coffee
Sumber: Instagram @sejiwacoffee

Tempatnya pun luas, dengan warna dominan putih dan abu-abu khas industrial style. Dipadu dengan furniture minimalis kekinian, coffee shop ini enak banget buat nongkrong, menyeduh kopi sambil ngobrol, ataupun mengerjakan tugas. Salah satu keunikan lain dari Sejiwa Coffee ini adalah barista dan pegawai di sana memakai seragam jas putih laboratorium gitu, jadi berasa mau praktikum. Hahaha mungkin maksudnya adalah memberi kesan higienis kepada para pengunjung gitu ya.

coffee shop bandung sejiwa coffee

Suasana Sejiwa Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Menu kopi

Menu andalan dari coffee shop ini adalah “Es Kopi Jiwa”, yang merupakan campuran dari es kopi, susu, dan gula aren versi Sejiwa Coffee. Rasanya enak! Selain itu, flavored cafe latte nya pun patut dicoba lho, seperti Vanilla Latte, Hazelnut Latte, Baileys Latte, sampai Crème Brulle Latte. Bang Kane memesan Crème Brulle Latte dan hasilnya enak. Cobain deh!

Es Kopi Jiwa dan Crème Brulle Latte
Sumber: Koleksi pribadi

Selain kopi, ada juga menu dessert dari Sejiwa Coffee ini. Waktu itu Bang Kane pesen Nastar Cheese Cake, rasanya biasa aja tapi harganya cukup mahal. Jadi Bang Kane agak kecewa L. Tapi terlepas dari cheese cake nya, Menurut Bang Kane, Sejiwa Coffee ini layak menjadi salah satu favorit coffee shop atau kedai kopi enak di Bandung. Menurut kalian gimana?

SEJIWA COFFEE

Alamat: Jl. Progo No.15, Citarum, Bandung Wetan, Bandung
Harga: Rp 30.000 – Rp 55.000

3. Mimiti Coffee & Space

Haii Teman Kane! Nah kali ini Bang Kane mau ngasih tau salah satu coffee shop yang terkenal di Bandung yaitu Mimiti Coffee and Space. Coffee shop yang berlokasi di Jalan Sumur Bandung ini memang menjadi coffee shop favorit anak muda kota Bandung. Dengan menggabungkan konsep alam dan konsep modern, coffee shop ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

mimiti coffee shop bandung

Meja barista Mimiti Coffee & Space
Sumber: Koleksi pribadi

Konsep meja barista yang diambil oleh Mimiti Coffee and Space ini adalah konsep modern dengan design meja barista yang sering kita temui di coffee shop pada umumnya. Untuk meja pelanggannya menggunakan konsep alam, sehingga perpaduan keduanya menjadikan keunikan tersendiri pada coffee shop bergaya khas industrial ini.

Selain memanjakan mata, Mimiti Coffee and Space juga menyajikan rasa kopi yang enak. Untuk menu minumannya sendiri, Mimiti Coffee and Space tidak mempunyai menu minuman yang signature, karena semua minuman yang ada di menu Mimiti Coffee and Space ini bisa dibilang memiliki rasa dengan ciri khasnya masing-masing.

Suasana outdoor Mimiti Coffee & Space
Sumber: Koleksi pribadi

Suasana indoor Mimiti Coffee & Space
Sumber: Koleksi pribadi

Mimiti Coffee and Space menyediakan lokasi indoor dan outdoor. Untuk indoor-nya sendiri ada dua pilihan, yaitu di Kiri Social Bar dan di ruangan yang sama dengan meja barista. Sedangkan untuk outdoor-nya, suasananya alam banget, namun apabila turun hujan, lokasi outdoor tidak akan dapat digunakan. Smoking room yang disediakan di Mimiti Coffee and Space ini ada 2, yaitu di outdoor dan di Kiri Social Bar.

Coffee Latte
Sumber: Koleksi pribadi

Bang Kane nyobain Coffee Latte dengan harga Rp 32.000. Menurut Bang Kane harganya lumayan pricey sih, apalagi bagi para mahasiswa dan anak kost mungkin harga segitu bisa buat makan satu hari ya hahaha..

Walaupun harganya cukup pricey, namun Mimiti Coffee and Space memberikan kenyamanan bagi para pelanggannya dari segi tempatnya yang cozy sekaligus suasananya yang memanjakan mata pada saat menikmati kopi. Selain menu kopi, Mimiti Coffee and Space juga menyediakan menu non-coffee, salah satunya seperti Chocolate dan Green Tea.

Nah bagi Teman Kane yang kepo dan pengen tau gimana konsep coffee shop-nya Mimiti Coffee and Space ini, bisa langsung dateng ke sini. Percaya deh, kenyamanan dari suasana di Mimiti Coffee and Space ini bisa membuat kita ingin datang lagi untuk menikmati segelas kopi di sini, apalagi dengan orang yang tersayang hahaha.. Kalo gak punya yaudah sendiri aja dulu ke sini, kali aja di sini malah ketemu doi hahaha..

Mimiti Coffee and Space

Alamat: Jl. Sumur Bandung No.14, Lb. Siliwangi, Coblong, Bandung
Harga: Rp 20.000 – Rp 40.000

4. Yumaju Coffee

Bang Kane mau kenalin Teman Kane sama coffee shop yang ada di Bandung, dan tentunya coffee shop ini bukan coffee shop yang biasa ya, coffee shop yang selalu Bang Kane tulis di artikel Bang Kane tentu saja coffee shop yang sedang naik daun di Bandung. Oke, tanpa basa basi lagi, kali ini Bang Kane mau kenalin Yumaju Coffee.

Yumaju Coffee ini adalah salah satu coffee shop yang sedang banyak dikunjungi anak muda di Bandung. Yumaju Coffee ini ada 2 cabang, yang pertama Jalan Maulana Yusuf, Citarum, dan yang satunya di Jalan Menado, Merdeka.

Yumaju Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Desain Yumaju Coffee ini menggabungkan konsep alam dan konsep modern seperti yang disajikan oleh Mimiti Coffee and Space, di mana untuk tempat pelanggannya terdapat outdoor dan indoor. Bagian indoor langsung tergabung dalam satu ruangan yang sama dengan meja barista. Konsep meja baristanya berkonsep modern dan padat, karena semua sajian dari makanan, biji kopi, dan semuanya ditempatkan di meja barista, sehingga terkesan banyak, namun semua tertata rapi dan bersih.

Meja Barista Yumaju Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

 

Lokasi outdoor Yumaju Coffee yang berkonsep alam menjadi daya tarik juga bagi pelanggan Yumaju Coffee ini, di mana jika kita duduk di luar, kita dapat menikmati kopi di bawah pohon rindang. Lalu, kalau malam, suasanya enak dan nyaman banget! Ditambah remang cahayanya bikin suasanya makin cozy. Lokasi indoor juga tidak kalah dengan outdoor, karena di dalam kita dapat duduk menikmati kopi kita, bercerita, sambil melihat barista dari Yumaju Coffee sedang membuat kopi.

yumaju coffee bandung

Lokasi outdoor Yumaju Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Lokasi indoor Yumaju Coffee
Sumber: Koleksi pribadi

Saat di Yumaju Coffee, Bang Kane memesan salah satu best seller minuman mereka, yaitu Yumaju Signature White. Yumaju Signature White adalah minuman yang tidak terlalu pahit dan termasuk ke dalam salah satu minuman manis yang disajikan oleh Yumaju Coffee.

Pada saat diminum, ternyata Yumaju Signature White tidak terlalu manis seperti yang Bang Kane bayangkan! Masih ada rasa kopi yang kuat di dalam minuman ini, ditambah lagi aroma khas dari white coffee yang kuat, membuat indra penciuman dan indra perasa kita terpuaskan oleh minuman yang satu ini. Dan sangat wajar jika minuman ini menjadi best seller di Yumaju Coffee. Mantap!

Nah bagi Teman Kane yang udah gak sabar pengen nyicipin Yumaju Signature White sembari duduk di bawah pohon rindang dan menikmati senja layaknya anak indie, silahkan langsung kunjungi Yumaju Coffee yang udah Bang Kane sebutin di atas tadi ya. Eh tapi yang Bang Kane kunjungi dan review ini yang berada di Jalan Menado ya. Kalau aja waktu Bang Kane ke sini pas gak hujan, pasti aja Bang Kane udah 1000% anak indie banget. Paket lengkap deh di sini. Kopi, senja, rokok, ditambah lagi duduk di bawah pohon rindang, anak indie banget deh pastinya hahaha…

Jadi ditunggu apalagi, langsung aja berangkat ke Yumaju Coffee ini. Dan seperti yang Bang Kane selalu bilang, jangan lupa bareng doi, kalau gak punya ya udah gapapa sendiri aja dulu, kali aja nemu doi nya di Yumaju Coffee hahahaha..

Yumaju Coffee

Alamat:
Jl. Maulana Yusuf No.10, Citarum, Bandung Wetan, Bandung
Jl. Menado, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Bandung
Harga: Rp 25.000 – Rp 50.000

5. Two Hands Full

Interior yang diusung Two Hands Full berkonsep industrial dengan penggunaan bata merah yang sangat eye-catching. Tempatnya lumayan nyaman meskipun bagian indoor-nya agak sedikit remang-remang.

Interior Two Hands Full
Sumber: www.tempatngopi.id

Tempat ngopi ini terinspirsi dari sebuah kedai kopi di Melbourne, Australia. Two Hands Full ini terkenal akan kopinya yang mantap. Tidak hanya itu, di coffee shop ini juga tersedia menu-menu breakfast dan brunch yang menjadi daya tarik pengunjung. Akan tetapi, disini juga menyediakan menu-menu yang non-halal, sehingga gak semua orang bisa makan di tempat ini.

Untuk menu kopi, jika Teman Kane akan berkunjung ke Two Hands Full, kalian harus pesan Flat White. Rasa kopi dan susu melebur sempurna tanpa mendominasi. Untuk harga berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Agak lumayan mahal untuk kantong mahasiswa. Yaaa, bisa di bilang coffee shop ini termasuk yang “agak” mewah di Bandung.

Ilustrasi Flat White
Sumber: Instagram @thfcoffee

Two Hands Full

Alamat: Jl. Sukajadi no.198 A Pasteur, kota Bandung.
Harga: Rp 50.000 – 100.000

SKEMA COFFEE

Nah rekomendasi terakhir Bang Kane untuk coffee shop di Bandung bertema industrial adalah Skema Coffee. Konsep desain yang diambil adalah semuanya semen khas industrial style, namun diwujudkan dengan baik dengan adanya pot-pot tanaman yang terletak di setiap sudut serta adanya beberapa pohon tua yang berukuran besar sehingga memberikan kesan teduh.

skema coffee shop bandung

Suasana di Skema Coffee
Sumber: www.escapesweetest.com

Untuk tempatnya memang tidak terlalu besar, akan tetapi cara penempatan setiap properti seperti pot-pot bunga dan tata letak kursi dan meja itu keren banget sih menurut Bang Kane. Di sini tersedia juga beberapa colokan listrik dan Wi-Fi yang bisa digunakan oleh pengunjung. Namun, Wi-Fi disini kurang bagus terutama kecepatan uploadnya lumayan lambat.

Menu kopi

Untuk menu kopi, di Skema Coffee yang recommended yaitu Es Kopi Susu. Akan tetapi, menu ini tidak ada di daftar menu. Rasanya seperti Es Kopi Susu pada umumnya, creamy dan ga terlalu manis. Untuk harganya masih standar yaitu berkisar antara Rp 15.000 – Rp 40.000.

skema coffee bandung

Es Kopi Susu
Sumber: Instagram @skema_ca

Kalau Teman Kane mencari coffee shop yang stylish dengan kopi enak, area teduh untuk duduk-duduk, dan suasana yang hidup, Skema Coffee adalah tempat yang tepat buat kalian. Tapi, kalau musim hujan seperti sekarang, Bang Kane gak saranin kalian buat ke sana karena tempatnya outdoor, jadi pasti bakal kehujanan haha..

Oke deh sekian rekomendasi dan review coffee shop kece di bandung dari Bang Kane. Liat juga deh review Bang Kane tentang coffee shop di Braga, gak kalah kece! Selamat ngopi! 🙂

Skema Coffee

Alamat: Jl. Sumatra no. 46 Merdeka, Sumur Bandung, Bandung
Harga: Rp 15.000 – Rp 40.000

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

kopi puasa
resep minuman kopi
kopi susu kekinian
WhatsApp chat